Banjir dan Longsor Langganan Jawa Barat


Banjir Garut kembali menjadi tambahan pembelajaran bagi Indonesia umumnya dan Jawa Barat khususnya. Jawa Barat adalah wilayah yang kerap dilanda banjir dan longsor. Hal ini disebabkan karena wilayah ini pada umumnya mempunyai curah hujan tinggi sepanjang tahun dan mempunyai karakteristik topografis yang relatif berbukit dan bergunung ditambah lagi dengan ekspansi aktivitas manusia ke wilayah “hijau” (misal: hutan) untuk permukiman dan perluasan pertanian termasuk aktivitas manusia “menjarah” sumberdaya di bawah permukaan (ground water). Ini akan semakin mempertinggi dan mempercepat “proses” bencana tersebut.

Apakah teknologi dapat membantu manusia dalam memberikan peringatan dini (early warning system)? Tentu bisa! Jaman sekarang adalah hal yang mudah untuk membangun sistem yang dimaksud. Mulai dari deteksi banjir sederhana (http://agustinus-david.blogspot.co.id/2014/08/cara-membuat-pendeteksi-banjir-sederhana.html) sampai pada sistem terintegrasi yang cukup kompleks untuk longsor (http://pubs.usgs.gov/fs/2012/3008/contents/FS12-3008.pdf).

Aspek lain yang jauh lebih penting adalah bagaimana sistem deteksi atau peringatan dini tersebut dapat menjadi “mitra” manusia yang dalam sehari-harinya senantiasa dijaga dan dipelihara sehingga secara berkelanjutan dapat berfungsi dengan baik. Inisiatif pemerintah daerah dalam menginstalasi perangkat tersebut juga menjadi faktor penting karena hal ini tidak melulu harus diselesaikan oleh pemerintah pusat. Pemerintah daerah justru sangat berkepentingan dalam hal ini karena proses pembangunan harus dicermati pula dari aspek kebencanaan. Bagaimana dengan Jawa Barat?

Sampai saat ini belum ada sebuah sistem yang diadopsi untuk kepentingan tersebut. Padahal Jawa Barat kerap langganan banjir dan longsor. Hampir selalu dipastikan di wilayah ini terjadi banjir dan longsor baik dalam skala kecil maupun skala besar yang mengakibatkan kerugian materi maupun korban jiwa. Tentu ini akan menjadi pertanyaan besar bagi pemerintah daerah, sejauh mana mereka melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi dan lembaga terkait dalam hal penanganan banjir dan longsor? Beberapa perguruan tinggi terbaik negeri ini berada di wilayah Jawa Barat. Tentunya mereka sudah punya catatan-catatan ilmiah terkait fenomena banjir dan longsor serta bagaimana mereka melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah dalam merealisasikan instalasi sistem yang dimaksud. PR buat pemerintah daerah, perguruan tinggi, sektor swasta dan stakeholders terkait lainnya untuk menangani banjir dan longsor pada masa mendatang.


 

 

 

Advertisements

Published by

bungarampaiketutwikantika

Saya berkegiatan di dunia pendidikan, termotivasi dengan penelitian dan sangat senang jika dapat berbagi dengan orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s